Pengguna PaDi UMKM, belanja cerdas saat membeli ATK penting dilakukan agar ATK dapat dipakai secara efisien dan lebih baik untuk ke depannya. Mengingat cost yang digunakan tentu tidak sedikit, berikut ini tips belanja cerdas yang dikutip dari axiqoe com untuk membelanjakan ATK agar lebih efisien.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat membeli ATK adalah dengan mencari supplier yang paling menjual ATK yang lengkap, berkualitas, dan memberikan penawaran harga yang menarik. Jika ketiga unsur tersebut dimiliki oleh sebuah supplier, kamu bisa membeli ATK komplit berkualitas, namun dengan harga murah.

Pemilihan Produk yang Tepat, Ketika supplier ATK sudah ditemukan, segera susun produk apa saja yang diperlukan kantor dalam satu tahun, sekaligus memperkirakan jumlah atau kuantitas jenis ATK yang diperlukan perusahaan. Jangan sampai karena berpikir bahwa jenis produk yang sama akan selalu bisa berfungsi untuk segala hal. Misalnya, map memiliki model dan jenis berbeda untuk setiap kebutuhan dan tidak bisa selalu menggantikan peran satu sama lain. Jadi, pastikan kamu mengenali nama-nama produk sesuai dengan bentuk atau gambarnya sebelum membuat daftar pesanan sehingga tidak berakhir dengan adanya pembelian ATK yang tidak berguna.

Agar tidak membuang uang perusahaan dengan sia-sia, beli ATK yang mereknya sudah terkenal tidak asing didengar telinga. Selain itu, pertimbangkan merek yang bisa memberikan klaim garansi produk. Tujuannya tentu saja agar ATK yang dibeli awet, sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Memilih ATK dengan Bentuk Simetris, Ketika memilih sebuah ATK, misalnya pensil atau pulpen, pilihlah yang memiliki bentuk yang simetris dan tidak berlekuk. Secara tidak langsung, alat tulis yang memiliki lekukan sangat mudah patah jika berjenis pensil dan tidak nyaman saat digunakan. Sebab ketika memegang sebuah pensil maka tangan harus mengikuti seperti bentuk pensil tersebut sehingga nyaman digunakan walaupun dalam waktu yang lama. Jika sudah patah, artinya perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli produk yang baru. Terlihat sederhana, namun memiliki efek yang besar jika diakumulasikan dalam waktu yang lama.

Siapkan Budget Untuk Refill, Merupakan hal yang wajar apabila perencanaan persediaan ATK di awal akan selalu berhasil. Namun pada kenyataannya, bisa saja perhitungan yang kamu buat di luar ekspektasi. ATK perlu ditambah seandainya perusahaan melakukan penambahan karyawan, jumlah pekerjaan yang semakin banyak, atau alat tulis kantor hilang. Oleh karena itu, siapkan juga alokasi dana tidak terduga untuk pembelian ATK.

Dorong Penggunaan yang Bertanggung Jawab, Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam hal manajemen ATK ialah untuk selalu menekankan karyawan agar bijaksana dan bertanggung jawab dalam menggunakannya.  Hal ini bisa dilakukan dengan cara lebih menerapkan konsep kantor ramah lingkungan. Sebagai contoh, karyawan mendapatkan pemahaman bahwa penggunaan ATK, seperti kertas-kertas, yang berlebihan tidak hanya membebani biaya produksi yang tidak efektif, tetapi juga dapat berkontribusi pada kerusakan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like